Materi Kuliah

Metode Penelitian Hukum

Penelitian dewasa ini berarti pencarian teori, pengujian teori, atau pemecahan masalah. Dalam penelitian secara ilmiah itu dilakukan secara terkontrol. masalahnya dijelaskan dengan cermat dan rinci. Variabel-variabelnya diidentifikasi dan diseleksi, instrumen- instrumennya diseleksi atau dikontruksi secara cermat, dan kesimpulan-kesimpulan hanya dapat ditarik dari data yang diperoleh. Ketika data terkumpul, bukti-bukti empiris sudah diperoleh untuk kemudian mendukung atau menolak hipotesis-hipotesis yang dirumuskan sebelumnya. Data empiris ini dijadikan dasar untuk penarikan kesimpulan. Segala sesuatunya begitu terkontrol sehingga setiap peneliti yakin akan hasilnya dan hasil kerjanya itu siap dianalisis secarakritis oleh panitia penguji yang akan menilai keseluruhan penelitian itu. Penelitian secara ilmiah, artinya suatu metode yang bertujuan untuk memepelajari satu beberapa gejala, dengan jalan menganalisa dan dengan mengadakan pemerikasaan yang mendalam terhadap fakta tersebut, untuk kemudian mengusahakan suatu pemecahan atas masalah-masalah yang ditimbulkan oleh fakta tersebut. Sehingga tujuan dari pada penelitian adalah usaha untuk memperoleh fakta atau prinsip (menemukan, mengembangkan, menguji kebenaran) dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data (informasi) yang dilaksanakan dengan teliti, jelas, sistematik dan dapat dipertanggung jawabkan (metode ilmiah)

H A M

Hak asasi manusia adalah hak-hak yang telah dipunya seseorang sejak ia besar dan merupakan pemberian dari Tuhan. Dasar-dasar HAM tertuang dalam deklarasi kehancuran Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan tercantum dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2, pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1 Contoh hak asasi manusia (HAM): Hak untuk hidup. Hak untuk memperoleh pendidikan. Hak untuk hidup bersama-sama seperti orang lain. Hak untuk mendapatkan perlakuan yang sama. Hak untuk mendapatkan pekerjaan.

Hukum Internasional

Hukum internasional’ adalah bagian hukum yang mengatur aktivitas entitas berskala internasional. Pada awalnya, Hukum Internasional hanya diartikan sebagai perilaku dan hubungan antar negara namun dalam perkembangan pola hubungan internasional yang semakin kompleks pengertian ini kemudian meluas sehingga hukum internasional juga mengurusi struktur dan perilaku organisasi internasional dan, pada batas tertentu, perusahaan multinasional dan individu.